THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 30 Desember 2009

Manga

 Manga 

Kata ini memang sudah tak asing lagi bagi kita, sebenarnya manga itu apa sih ? klo di jelasin dengan singkat manga itu adalah komik jepang. Manga sangat populer, di negara asalnya (jepang) bahkan di indonesia ( gw jg slh satu pnggemar manga hhehe). Untuk lebih silahkan baca tulisan di bawah ini^^

Manga di Jepang

Majalah-majalah di Jepang biasanya terdiri dari beberapa judul komik yang masing-masing mengisi sekitar 30-40 halaman di majalah tersebut ( 1chapter/bab). Majalah tersebut biasanya memiliki tebal antara 200-850 halaman (wew tebel bgt, gw br baca yg tblnya 400 an klo yg 850 blm prnah liat ). Contoh majalah tersebut seperti nakayoshi, shonen jump dll. Umumnya karya manga yg sukses di majalah tersebut akan di angkat menjadi anime ( bisa di jg di buat berdasarkan cerita asli seperti di manganya bisa jg di buat bener" versi anime yg critanya beda. tergantung sutradaranya jg sih, tapi inti dari critanya ttp sama kok, bahkan ada yg di beri tambahan yg dapat memperjelas alur cerita). contoh anime yang di angkat dari manga, yaitu Narutto, Bleach, One piece, Kamichama Karin, dll



Setelah beberapa lama, cerita di majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa ( ukuran komik normal, sama kaya di indonesia. klo majalahnya itu ukurannya besar yah.. bener" kaya majalah deh) yang biasa disebut tankoubon. Komik jenis ini biasanya di cetak dengan kertas yg berkualitas dan berguna bagi mereka yg tidak mau membeli majalah yg berisi beranekaragam cerita. Nah tangkoubon inilah yang biasanya di terjemahkan ke dalam bahasa" lain dan di negara lain, contohnya ya ga usah jauh" lah, seperti di indonesia ini.

Untuk beberapa judul yang sukses biasanya dibuat versi manusianya yang lebih dikenal dgn L.A ( Live Action) beberapa yg sudah di buat L.A yaitu death note, GeGeGe no kitaro, Nana, Hatchimitsu no clover, Price of tennis, dan masih banyak lagi. dan jika berhasil di pasaran, ada kemungkinan di buat remake kembali secara internasional oleh produser di luar jepang, seperti amerika yg membuat L.A dragon Ball versi holliwood, dan kabarnya akan dibuat remake death note oleh produser barat ( hmm banyak dari penggemar death note yang menolak ini bahkan membuat group penolakan yg berada di jejaring sosial FB).


Di jepang biasanya terdapat jenis-jenis pembaca ( dilakukan untuk menjadi batasan bagi pembacanya) jenis-jenis itu adalah :
  • Kodomo, komik anak-anak
  • Josei, komik untuk wanita dewasa
  • Seinen, komik untuk pria dewasa
  • Shojo, komik untuk gadis remaja
  • shonen, komik untuk remaja laki-laki
Gaya penggambaran

Rata-rata mangaka di Jepang menggunakan style sederhana dalam menggambar manga ( tapi ada jg yg style penggambarannya di buat detil bgt), tapi untuk gambar latar belakang hampir semua di buat sedetil mungkin ( bahkan sekarang ada aplikasi yg dapat membuat gambar di foto bisa menjadi latar belakang manga, tentunya ini adalah aplikasi membuat manga secara digital seperti manga studio) ciri khas gambar manga tergantung pada mangaka itu sendiri. pada umumnya bisa dibedakan dari cara menggambar wajahnya. pada manga yg di peruntukan untuk wanita, gambarnya akan dibuat dengan lebih imut dan banyak menggunakan tone bunga, atau gemerlap yang membuat kesan girly, sebaliknya untuk manga yang diperuntukan untuk laki-laki akan di buat dengan efek yang lebih berkesan kuat dengan arsiran-arsiran yang tegas tentunya tanpa ada tone bunga-bunga atau gemerlap. Cara membuat postur tubuh dan wajah juga berbeda. sesuai dengan genre yang akan di buat. dan biasanya untuk komik yang cukup panjang yang memakan waktu bertahun-tahun dan memiliki puluhan volume bahkan ratusan volume gaya stylenya terkadang mengalami perubahan yg cukup derastis dari volume awalnya, tentunya tekniknya gambarnya menjadi lebih bagus.


Doujinshi

Doujinshi adalah manga yang dibuat oleh fans manga yang biasanya cerita yang dibuat endingnya tidak sesuai dengan aslinya (yah mereka biasanya membuat ending yang mereka inginkan). Para Fans biasanya mendistribusikannya dari tangan ke tangan, di jual secara indie di toko doujinshi atau mengikuti konvensi akbar doujinshi yang biasa disebut comiket. Disini di jual ribuan doujinshi tiap tahunnya. pengunjungnya juga bisa mencapai 400.000 orang ( wew banyak bgt 0.o). Doujinshi sendiri terkadang menjadi batu loncatan seorang/ kelompok untuk menjadi mangaka. Biasanya banyak doujinka bertema hentai , menggunakan tokoh dari manga terkenal yg kira-kira sesuai dengan yg mereka inginkan. ( biasanya yg innocent justru sering jadi sasaran para doujin-ka)
sumber

1 komentar:

Anonim mengatakan...

waaah, gw suka bgt nih baca manga
nice post nih
coba bahas ttg salah satu manga
yah ky bikin resensi :D